Monday, December 17, 2007

Fee Audit Minimal bagi Akuntan Publik

Saat ini sedang ramai dibahas mengenai berapa besar fee audit minimal bagi akuntan publik. Tentu saja pembicaraan masalah ini cukup panjang mengingat banyak hal faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya fee audit adalah:
1. Besar kecilnya auditan atau auditee. Jelas masalah ini menjadi krusial jika ketika kita melihat banyak yayasan ataupun organisasi nirlaba yang memerlukan jasa audit namun kondisi keuangan yang minim. Dalam hal ini organisasi profesi mungkin termasuk kelompok di dalamnya.
2. Lokasi kantor akuntan publik. Biaya overhead kantor akuntan publik di daerah secara umum lebih kecil dibandingkan dengan biaya overhead di Jakarta.
3. Ukuran kantor akuntan publik. Ketika dikaitkan dengan besar kecilnya kantor, kantor yang berdomisili di Jakarta akan memiliki standar gaji yang jauh berbeda jika kita membandingkan sebuah kantor yang berdomisili di segitiga emas dengan kantor akuntan publik yang terletak di pinggiran kota.

Faktor-faktor di atas akan sangat berpengaruh terhadap penentuan besar fee audit yang akan dibebankan kantor akuntan publik kepada kliennya. Faktor lain seperti berapa target profit yang akan didapatkan owner jelas sangat besar pengaruhnya juga.

Untuk melihat respon pembaca blog terhadap penentuan fee audit ini, kami mengadakan pooling yang akan bermanfat untuk memberi masukan mengenai kebijakan ini.

No comments:

Waktu Jakarta, Bangkok dan Hanoi

Search Google

Jumlah Pengunjung Website

Daftar Pengunjung Website

Lokasi Pengunjung

Saat Ini On Line

Statistik Pengunjung Sejak 4 Februari 2009

free counters