Wednesday, March 5, 2008

Akuntan Publik Wajib Jadi Anggota IAPI

Akuntan Publik Wajib Jadi Anggota IAPI

Jakarta - Menteri Keuangan mewajibkan seluruh akuntan publik untuk menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) seiring perubahan asosiasi profesi akuntan publik.

Sebelumanya para akuntan ini berada dalam Ikatan Akuntan Indonesia-Kompartemen Akuntan Publik (IAI-KAP)

“Untuk asosiasi profesi akuntan publik, seluruh akuntan publik yang sebelumnya diwajibkan menjadi anggota IAI dan IAI-KAP, kini diwajibkan menjadi anggota IAPI. Asosiasi akuntan publik yang diakui adalah IAPI yang di dalam peraturan sebelumnya tidak diatur,” ujar Kepala Biro Humas Depkeu Samsuar Said seperti dikutip situs Depkeu, Minggu (7/2/2008).

Ujian Sertifikasi Akuntan Publik dan Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) akan ditetapkan oleh IAPI yang sebelumnya ditetapkan oleh IAI-KAP.

“Penyusunan peraturan tersebut telah melalui serangkaian pembahasan, hearing dengan asosiasi profesi akuntan publik, serta pertemuan dengan instansi terkait dan akademisi,” ujarnya.

Perubahan aturan ini sudah mulai dilaksanakan sejak tanggal 5 Februari 2008 melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.01/2008 tentang Jasa Akuntan Publik.

Peraturan tersebut merupakan penyempurnaan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 423/KMK.06/2002 dan 359/KMK.06/2006 yang dianggap sudah tidak memadai.

Peraturan ini juga menegaskan kewajiban kantor akuntan publik dalam menyampaikan laporan kegiatan dan keuangan yang lebih terinci sehingga dapat menunjang sistem informasi akuntan, akuntan publik, dan kantor akuntan publik yang sedang disusun.

Untuk pembatasan masa pemberian jasa bagi akuntan publik, sebelumnya KAP dapat memberikan jasa audit umum paling lama untuk 5 (lima) tahun buku berturut-turut kemudian dirubah menjadi 6 (enam) tahun buku berturut-turut.
(ddn/ddn)

Sumber : http://plinplan.com/bisnis/keuangan/11793/2008/02/17/akuntan-publik-wajib-jadi-anggota-iapi/

No comments:

Waktu Jakarta, Bangkok dan Hanoi

Search Google

Jumlah Pengunjung Website

Daftar Pengunjung Website

Lokasi Pengunjung

Saat Ini On Line

Statistik Pengunjung Sejak 4 Februari 2009

free counters