Thursday, March 5, 2009

Gelar CPA

Gelar CPA (sebelumnya BAP) menjadi istimewa jika dikaitkan dengan proses pengajuan menjadi akuntan publik. Karena saat ini Departemen Keuangan mensyaratkan gelar ini bagi siapa saja yang ingin menjadi akuntan publik. Baik membuka kantor akuntan sendiri maupun bergabung dengan kantor yang sudah ada.

Sebagaimana kita ketahui, perjalanan akuntan publik di Indonesia relatif panjang. Saat ini Departemen Keuangan mengharuskan calon akuntan publik mesti memiliki gelar CPA. Di sisi lain banyak pemegang ijin akuntan publik yang belum memiliki gelar CPA. Hal ini terjadi karena pada masa lalu, seorang akuntan (lulusan beberapa universitas terkemuka atau lulus UNA) bisa langsung mengurus ijin akuntan publik tanpa melalui tahap sertifikasi untuk memiliki gelar CPA. Begitu pula akuntan mantan pejabat BPKP juga bisa mendapatkan ijin akuntan publik secara langsung mengingat semasa menjabat senantiasa melakukan aktivitas sebagaimana aktivitas akuntan publik.

Adakah peluang mendapatkan gelar CPA secara cuma-cuma tanpa sertifikasi (Indonesia CPA Exam)sebagaimana akuntan masa lalu? Inilah polling yang sedang dilakukan melalui website ini. Polling ini sengaja dilakukan lebih dari sebulan untuk mendapatkan respon yang maksimal dari para pembaca.

Ide ini jika diberlakukan lagi tentu saja mensyaratkan banyak hal seperti gelar akuntan, jam terbang sebagai auditor, ujian kompetensi, referensi dari kantor akuntan dan lain-lain. Mengapa ide ini perlu digagas? Fakta menunjukkan bahwa sebagian akuntan publik yang memegang ijin ternyata sebagian besar sudah berumur di atas 50 tahun. Di sisi lain pemegang gelar CPA ternyata masih sedikit. Penambahannya pun relatif sedikit. Fakta lain adalah tidak semua pemegang gelar CPA mengurus ijin akuntan publik dan berpraktek sebagai akuntan publik.Persoalan lain adalah tidak semua pemegang ijin akuntan berpraktek menjadi akuntan publik. Mereka bisa mengajukan cuti sehingga praktis mengurangi jumlah praktisi akuntan publik kita. Jumlah akuntan publik yang cuti saat ini sekitar 95 orang (lihat http://www.akuntanpublikindonesia.com/iapi/)

Akankah Indonesia akan mengalami krisis akuntan publik? Silahkan berikan pendapat Anda dengan cara mengikuti polling di website ini.

No comments:

Waktu Jakarta, Bangkok dan Hanoi

Search Google

Jumlah Pengunjung Website

Daftar Pengunjung Website

Lokasi Pengunjung

Saat Ini On Line

Statistik Pengunjung Sejak 4 Februari 2009

free counters